Pages

Wednesday, December 3, 2014

Setting Access Point

Cara konfigurasi TP-LINK 
untuk membuat acces point


Access point adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.

Baiklah, kita mulai saja konfigurasi TP-LINKnya. Pertama, hal yang kita harus lakukan adalah menyiapkan alat utama, seperti kabel ethernet yang terhubung dengan internet dan yang paling utama adalah router wirelessnya.

Setelah semua alat sudah siap. Router wireless di reset sehingga kembali ke dafaultnya. Tahan tombol restart di bagian belakang selama kurang lebihg 30detik sampai semua lampu indikator di router wireless menyala, mati dan menyala kembali. Jangan lupa kabel ethernet disambungkan untuk memberikan akses internet di router wirelessnya.
Setelah itu kita koneksikan PC/Laptop ke Router. Biasanya kita diminta untuk memasukkan password (password biasanya ada di bagian belakang router TP-LINK). Setelah itu kita tembak IP nya di browser. Sebagai contoh kita masukkan IP 192.168.1.0
Sebaiknya kita masukkan IP 192.168.1.xxx yang penting range adressnya <254
 

Ketika sudah terkoneksikan dengan routernya, kita akan diminta untuk memasukkan username dan password kembali. Isikan username dan password dengan 'admin'.
ada gambar weh...
Setelah berhasil, kita akan masuk ke halaman awal dari konfigurasi Routernya. Kurang lebih seperti ini tampilannya.

Selanjutnya kita konfigurasi routernya. Pertama, kita pilih quick setup. Lalu kita Next dan pilih Access Point.
 

Lalu, pilih Next dan nanti akan muncul tampilan seperti ini. 

Kita isikan 'nama wireless' sesuai keinginan kita. Jangan lupa isikan region kita, pilih saja 'Indonesia' dan kita isikan 'wireless password' sesuai selera kita. Disini saya mengisikan 'inipassword' untuk mengisi field passwordnya. Setelah semuanya kita isi, klik Next ke step selanjutnya.

Di halaman ini kita mensetting DHCP server. Diusahakan kita memilih enable agar pemberian IP dilakukan secara otomatis oleh server (meskipun kita masih bisa membatasi dan meubah IP yang akan dibagikan di access point yang kita buat).


Setelah kita setting di bagian Networknya, kita akan disuguhi tampilan dari semua setting yang telah kita buat. Kurang lebih tampilannya seperti ini.


Sampai tahap ini, kita hanya tinggal melakukan reboot. Kita tunggu sampai complete 100%.


Setelah itu kita refresh halaman web yang digunakan untuk mensetting router tersebut. Jangan kaget ketika kita tidak bisa tersambung ke internet. Sebab koneksi dari TP-LINK tadi sudah kita ubah nama SSID dan passwordnya.
Tinggal kita koneksikan kembali aja ke SSID yang kita buat.

SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments:

Post a Comment